Minggu, 22 April 2012

RPP Inkuiri Kimia: Hukum Kekekalan Massa

         Pembelajaran inkuiri adalah kegiatan pembelajaran yang melibatkan secara maksimal seluruh kemampuan siswa untuk mencari dan menyelidiki sesuatu (benda, manusia atau peristiwa) secara sistematis, kritis, logis, analitis sehingga mereka dapat merumuskan sendiri penemuannya dengan penuh percaya diri.

            Sebagai seorang tenaga pendidik profesional (atau dalam kasus ane adalah calon tenaga pendidik profesional...kata ini ga boleh ketinggalan...hehehahe), kita perlu mengembangkan sikap ilmiah pada siswa... Sehingga pada saatnya nanti siswa mampu menyelesaikan persoalan baik secara teoritis ataupun aplikatif yang dihadapinya.

Setahu ane, pembelajaran inkuiri itu ada dua jenis, yakni Guided Inquiry dan Open Inquiry ....
  • dalam Guided Inquiry :
     Siswa dibimbing dalam menemukan masalah dari fenomena yang disajikan , merumuskan masalah, menuliskan hipotesis, menyusun experiment untuk menguji hipotesis, bahkan menyimpulkan. Guru bertindak sebagai Guide dalam membimbing si anak didik menuju ke jalan kebenaran....halah...maksudnya menemukan pemecahan masalah yang dihadapi.
  • dalam Open Inquiry :
    Siswa benar-benar free dilepas untuk menemukan sendiri masalah dari fenomena yang disajikan, merumuskan masalah, menulis hipotesis, hingga langkah experiment dalam menguji hipotesis. Jika memang dalam experiment diperlukan alat dan bahan praktikum, maka guru hanya bertindak sebagai fasilitator (menyediakan fasilitas) dan siswa memilih sendiri sekiranya apa yang dibutuhkan untuk menguji hipotesis.

        Jika melihat dari perkembangan mental anak Indonesia pada umumnya (mulai lagi sok tahunya...jitak kepala sendiri)... model pembelajaran inquiry yang lebih cocok digunakan adalah Guided Inquiry. kenapa?? agan semua pasti tahu anak Indonesia (dengan bangga) itu sangan kreatif...kreatif banget malah... kalau agan biarkan saja, pasti mereka akan melakukan eksperimen diluar konteks yang diajarkan (curhat masa lalu..)..

Nah, langsung saja..ane pernah bikin nih RPP inkuiri (Guided Inqury tepatnya)...
semoga bisa membantu agan semua dalam mengembangkan pendidikan di Indonesia :

Author : Adji Dovan   / Chemistry Education 2009 / Unesa
Contoh RPP Inkuiri : unduh di sini
Contoh LKS Inkuiri terkait : unduh di sini

lll
Learn, Teach, and Build for Better Nation Golden Generation
lll

1 komentar:

:) :( ;) :D ;;-) :-/ :x :P :-* =(( :-O X( :7 B-) :-S #:-S 7:) :(( :)) :| /:) =)) O:-) :-B =; :-c :)] ~X( :-h :-t 8-7 I-) 8-| L-) :-a :-$ [-( :O) 8-} 2:-P (:| =P~ :-? #-o =D7 :-SS @-) :^o :-w 7:P 2):) X_X :!! \m/ :-q :-bd ^#(^ :ar!