Minggu, 22 April 2012

Laporan Analisis Instrumen UV-Vis : Single and Multicomponent

             Kerjaan gue tiap hari selain makan, mandi, tidur, dan berdoa (semoga cepet dapat cewek), tak lain tak bukan adalah menghabiskan waktu di laboratorium kimia dan mengerjakan laporan. Bak kerja rodi, jumlah jam praktikum harpir sama dengan jumlah matakuliah..... (gak usah dibayangkan...ane faham ente juga males bayanginnya).... well salah satu hasil karya ane ( n cs tentunya) adalah analisis spektra UV-Visible. Ente pada tahu kan kalau sinar matahari itu jika didifraksikan terdiri dari banyak warna, nah prinsip pemilahan jenis warna tersebut diterapkan dalam suatu instrumen analisis yang dinamakan spektrofotometer. 
           Spektrofotometer ini bisa melihat spektra serapan dari zat-zat terlarut dalam sampel. Setiap zat memiliki panjang gelombang serapan yang berbeda satu sama lain (layaknya tol, hanya beberapa jenis kendaraan saja yang boleh masuk). Dengan demikian, kita bisa menentukan seberapa besar sinar yang diteruskan dan seberapa besar sinar yang diserap. semakin besar sinar yang diserap pada panjang gelombang tertentu, maka bisa dikatakan kalau konsentrasi zat dalam sampel itu besar. For more explanation how to analize UV-Visible light spectrum, check my report of it...

Analisis Spektra UV-Visible Instrrument

         Spektofotometri adalah salah satu metode yang digunakan untuk mengukur jauhnya pengabsorbsian energi cahaya oleh suatu sistem kimia itu sebagai fungsi dari panjang gelombang tertentu. Prinsip dasar analisis spektrometri adalh larutan sampel menyerap radiasi elektromagnetik dan jumlah intensitas radiasi yang diserap oleh larutan sampel dihubungkan dengan konsentrasi analit (zat/unsur yang akan dianalisis) dalam larutan sampel.


ini nih gambarnya spektrofotometer UV-Vis...(milik jurusan ane beda, namun sama kok khasiatnya)...nah kalo prinsip kerjanya itu kaya gini :



Adapun contoh spektra yang dihasilkan adalah sebagai berikut :
untuk membaca spektranya, itu rahasia perusahaan...hahaha


Author           : Adji Dovan Tri Rahmawan    / Chemistry Education 2009 / Unesa
Analize Tutor : Gawang Pamungkas             / Cemistry Department 2009 / Unesa

Contoh Analisis Spektra : unduh di sini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar